Lights Of Heaven

Sabtu, 22 September 2012

KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM MENGGUNAKAN PERANGKAT TIK


          Secara garis ganguan kesehatan akibat pemakaian komputer yang salah dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu :
            1. gangguan pada bagian mata dan kepala
            Gangguan pada bagian mata dan kepala sering disebut dengan computer vision syndrome, mulai dari nyeri atau sakit kepala, mata kering dan iritasi, mata lelah, hingga gangguan yang lebih serius dan lebih permanen seperti kemampuan fokus mata menjadi lemah, penglihatan kabur (astigmatisma, miopi, presbiopi), pandangan ganda, hingga disorientasi warna.
            2. gangguan pada lengan dan mata
            Gangguan pada bagian lengan dan telapak tangan, mulai dari nyeri pada pergelangan tangan karena gangguan pada otot tendon di bagian pergelangan, nyeri siku, hingga cidera yang lebih serius seperti carpal tunnel syndrome, yaitu terjepitnya saraf di bagian pergelangan yang menyebabkan nyeri di sekujur tangan. Tidak jarang seorang pengguna komputer mengalami sakit urat otot (Repetitive Strain Injury = RSI ). Tangan sakit atau bergetar, ngilu di jari-jari, sekitar pergelangan, lengan bawah, siku atau bahu, leher hingga ke punggung atas, inilah tanda awal RSI.
            RSI adalah luka atau rasa sakit sebagai akibat adanya pembebanan berlebihan yang berulang kali pada organ tubuh tertentu. Penyakit ini disebabkan bila seseorang bekerja meggunakan PC dengan posisi yang tidak ERGONOMIS atau tidak nyaman. Akibat buruk yang mungkin diderita oleh seorang yang terserang RSI di bagian tangan/lengan adalah tidak dapat lagi dengan mudah melakukan gerakan tangan seperti mengangkat cangkir kopi atau memutar setir kendaraan bermotor. Mengetik dengan bertumbu pada pergelangan dapat mengakibatkan resiko, yaitu penyempitan pembuluh darah.  
            3. gangguan pada leher, pundak dan punggung
            Bagi orang berjam- jam bekerja dengan komputer, dianjurkan untuk menyesuaikan letak posisi monitor, keyboard, kursi, dan meja agar terhindar dari penyakit yang lebih serius, yaitu ketegangan otot. Posisi yang salah dapat menyebabkan otot-otot pinggang menjadi tegang dan merusak jaringan lunak dan sekitarnya. Jika kondisi tersebut terus berlanjut maka dapat menyebabkan penekanan pada bantalan saraf tulang belakang yang menyebabka hernia nukleus pulposus, yaitu saraf tulang belakang terjepit di antara kedua ruas tulang belakang.
            Posisi perangkat lain dalam ruangan juga tak kalah pentingnya. Yang sering dipahami orang biasanya hanya soal pendingan ruangan(AC) dan letak lampu. Seringkali para profesional TI (programmer, administrator sistem), bekerja dalam ruangan yang relatif sempit dengan pendingin tepat diatas kepala. Hembusan angin dingin ke leher atau kepala tersebutlah yang berpotensi menjadi ancaman serius. Posisi lampu yang kurang tepat juga bisa memaksa mata bekerja keras dari biasanya.
            Secara umum, ganguan kesehatan pada pengguna komputer seringkali disebabkan karena ketidaktahuan dan ketidakdisiplinan mereka mengenai cara menggunakan komputer yang sehat. Jadi yang terpenting adalah harus mempunyai kesadaran bahwa tubuh juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, tubuh harus dapat bekerja dengan nyaman agar diperoleh hasil kerja yang maksimal.
            INGAT:

Semakin meningkatnya interaksi pengguna dengan perangkat komputer, di satu sisi menggembirakan karena ada nilai-nilai efisiensi dan efektivitas yang akan diperoleh. Tetapi disisi lain ada aspek yang membahayakan yang akan meningkat dan perlu segera kita antisipasi, yaitu : kesehatan kerja. Walaupun kesehatan kerja dipengaruhi oleh banyak faktor, tetapi bagi orang yang memiliki intesitas pemakaian komputer tinggi, komputer menjadi faktor penyebab gangguan kesehatan yang paling tinggi.
 
            
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

SILAHKAN KOMENTARNYA

tolong komentarnya.....