Lights Of Heaven

Minggu, 23 September 2012

PERANGKAT LUNAK SISTEM



Perangkat lunak sistem di bagi menjadi 3 macam:
1. bahasa pemrograman
2. sistem operasi
3. utility
            
1.bahasa pemograman
            Perangkat lunak bahasa pemrograman merupakan perangkat yang difungsikan untuk memberikan serangkaian perintah yang disusun dalam sebuah file kompiler. Untuk dapat menguasai program ini seorang pemula harus belajar dengan berusaha menguasai bahasa pemrograman. Waktu yang dibutuhkan untuk dapat mempelajari program ini jauh lebih lama dibandingkan mempelajari program aplikasi karena program aplikasi disajikan dengan sajian menu yang sederhana dan mudah untuk dimengeti dan dipelajari oleh seorang pemula sekalipun. Untuk mempelajari bahasa pemrograman harus melalui beberapa tahapan, antara lain :
a. memahami fungsi dari berbagai macam statemen dalam bahasa pemrograman.
b. membuat skenario pemrograman dengan menyusun diagram alir ( flowchard). Dengan membuat diagram flowchard rencana dari sebuah bangunan bahasa pemrograman dapat dengan mudah dipahami.
c. menyusun bahasa pemrograman sesuai dengan diagram flowchard. Untuk itu dibutuhkan software pemograman yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

d. setelah selesai meyusun bahasa pemograman yang dimaksud, pekerjaan berikutnya adalah melakukan proses kompiler. Source code tidak dapat dimengerti oleh komputer sehingga harus di kompile dengan menggunakan kompiler agar program yang berbentuk source code dapat dimengerti dan dijalankan oleh komputer dalam bentuk binary code.
e. program yang dihasilkan oleh bahasa pemograman tentu akan mudah untuk dipahami oleh siapapun yang bertindak sebagai operator. Program yang disusun menggunakan bahasa pemrograman dapat dibuat dengan format tamplian dan bahasa komunikasi yang mudah untuk dipahami oleh operator. Sehingga tidak terlalu sulit untuk memberikan tutorial kepada operator.
            Dengan menyusun bahasa pemrograman, seorang programmer berusaha dengan segenap kemampuan yang dimiliki untuk dapat merekayasa sebuah software baru yang sistematis, serta memiliki fungsi yang khusus untuk menangani satu atau beberapa masalah pengolahan data. Bahasa pengantar pada tampilan program dapat dibuat dengan menggunakan bahasa komunikasi sehari –hari yang mudah untuk dimengerti. Sementara program aplikasi yang diproduksi oleh perusahaan software hanya menggunakan bahasa komunikasi internasional. Sotware yang termasuk dalam kelompok bahasa pemrograman antara lain : BASIC, COBOL, pascal, C++, FORTRAN, java, perl, php, dan lain- lain.
2.sistem operasi
            Sistem operasi merupakan hal yang mutlak diperlukan dalam suatu jaringan. Pada proses turn on, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memori, dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian. Contoh sistem operasi : DOS, UNIX, windows 95,IBM OS/2, APLLE ‘S sistem 7, dan lain-lain.
            Pemilihan sistem operasi yang tepat, baik pada server maupun workstation akan memberikan pengaruh kinerja yang optimal dari suatu jaringan. Tidak semua sistem operasi mampu dijadikan server, demikian pula sebaliknya.
3. utility
            Utility merupakan perangkat lunak sistem yang mempunyai fungsi tertentu. Program ini digunakan untuk membantu sistem operasi didalam menjalankan berbagai aplikasinya. Sebagai contoh: untuk pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag). Contoh utility adalah norton utility dan lain-lain.
            a. sistem partisi harddisk
            norton ghost adalah software yang difungsikan untuk melakukan cloning harddisk dari harddisk ke harddisk lain atau harddisk di komputer lain.
            b.sistem monitor
            sistem monitor yang baik adalah aplikasi yang mampu membantu seorang administator sehingga jika ada masalah yang terjadi dijaringan, maka administrator dapat mengatasi dan mengurangi down time pada suatu jaringan.
            c.sistem biling
            sistem biling merupakan program aplikasi bantu dalam jaringan yang berfungsi untuk menghitung durasi pemakaian suatu komputer client (biasanya dijumpai di warnet – warnet)
            d. sistem proteksi
            sistem proteksi memberikan perlindungan terhadap sistem operasi baik pada komputer server maupun pada komputer client
                        1.anti virus
                        2. auto revert
(aplikasi yang dapat membantu mengembalikan kondisi sistem operasi beserta aplikasi yang terinstalasi, dan data didalamnya kembali seperti kondisi semula, meskipun setting telah diubah atau bahkan sudah dihapus)
            e. sistem remote
            sistem remote adalah program aplikasi yang berfunsi memberikan akses pada suatu komputer melalui jaringan.           



Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

Tidak ada komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

SILAHKAN KOMENTARNYA

tolong komentarnya.....